UTS ICT Dampak ICT terhadap pendidikan

DAMPAK ICT TERHADAP PENDIDIKAN

ICT adalah singkatan dari Information and Communication Technologies. ICT adalah seluruh peralatan teknis untuk memproses dan menyampaikan informasi. ICT mencakup dua aspek yaitu teknologi informasi dan teknologi komunikasi. Teknologi informasi meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi, dan pengelolaan informasi. Sedangkan teknologi komunikasi adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan mentransfer data dari perangkat yang satu ke lainnya.
Secara tanpa kita sadari, sebagian aktifitas yang dilakukan oleh manusia didukung oleh Teknologi Informasi dan Komunikasi. Teknologi Informasi dan Komunikasi baik secara langsung maupun tidak langsung telah mengubah cara hidup kita, cara kita belajar, cara kita belajar, dan cara kita bermain. Beberapa penerapan dari ICT antara lain dalam bidang bisnis, pendidikan, jual beli, kemasyarakatan, kesehatan, pemerintahan, dan lain – lain.
Pada tugas kali ini, saya akan membahas tentang bagaimana dampak ICT terhadap dunia pendidikan. Penerapan ICT pada bidang pendidikan telah memberikan konstribusi bagi perkembangan teknologi pembelajaran. Dalam pelaksanaan pembelajaran sehari-hari sering kita jumpai kombinasi tekonologi audio data, video data, audio video, dan internet. Internet merupakan alat komunikasi yang murah dimana memungkinkan terjadinya interaksi antara dua orang atau lebih. Kemampuan dan karakteristik internet memungkinkan terjadinya proses belajar jarak jauh menjadi lebih efektif dan efisien sehingga dapat diperole hasil yang lebih baik.
Salah satu sistem ICT yang berperan dalam dunia pendidikan adalah E-learning. E-learning adalah suatu sistem atau konsep pendidikan yang memanfaatkan teknologi informasi dalam proses belajar mengajar. Manfaat E-learning antara lain yaitu : Memberi fleksibilitas dalam memilih waktu dan tempat untuk mengakses pelajaran, memberi kesempatan bagi pelajar secara mandiri memegang kendali atas keberhasilan belajar, serta memberi efisiensi biaya bagi administrasi penyelenggara, efisiensi penyediaan sarana dan fasilitas fisik untuk belajar dan efisiensi biaya transportasi dan akomodasi.
Selain E-lerning, E-book juga merupakan bagian dari ICT yang berperan dalam dunia pendidikan. E-book adalah sebuah buku panduan dalam versi digital, dimana buku tersebut dapat dibuka melalui perangkat elektronik. Manfaat E-book bagi dunia pendidikan khusunya pelajar dan mahasiswa antara lain : Dapat membuat pelajar menghemat tempat dan waktu. Tempat dimana menyimpan koleksi buku. Sedang waktu, tak perlu menyimpan buku – buku karena khawatir harus beli yang baru bila koleksi buku kita hilang. Selain itu, E-book Tidak akan pernah kehabisan stok. Karena E-book tersedia dalam bentuk digital, sehingga akan selalu tersedia sepanjang waktu. Selain dua manfaat tadi, masih banyak lagi manfaat E-book lainnya.
Dampak positif ICT terhadap dunia pendidikan antara lain : (1) Lebih cepat dan mudah dalam mencari informasi dalam mengakses pelajaran. (2) Dapat membantu pelajar/mahasiswa dalam mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru atau dosen. (3) Mempermudah komunikasi antara mahasiswa dan dosen dalam memberikan tugas apabila dosen tidak sempat masuk. (4) Penelitian yang dipublikasikan dalam internet akan mudah digunakan oleh orang lain diseluruh penjuru dunia dengan cepat.
Dibalik banyaknya dampak positif ICT terhadap dunia pendidikan, tentulah ada juga dampak negatifnya, antara lain : Mudahnya mengakses informasi di internet bisa saja disalahgunakan pelajar atau mahasiswa contohnya adalah mengakses konten atau situs yang berbau pornografi. Selain itu, kemajauan teknologi dan informasi akan semakin mempermudah terjadinya pelanggaran Hak Kekayaan Intelektual (HKI) karena akses mudah ke data yang menyebabkan plagiator melakukan kecurangan.
Saran saya sebagai mahasiswa, marilah kita bijak dalam menggunakan dan memanfaatkan ICT. Jika kita menggunakan ICT untuk hal-hal yang positif, maka efeknya ke kita juga akan positif. Sebaliknya, jika kita menggunakan ICT untuk hal-hal negatif, maka jelas efek negatif akan terus menghantui kita. “ Jadilah orang yang berguna bagi orang lain bukan orang yang merugikan orang lain “.

Komentar