Tugas Hardware dan Software

HARDWARE DAN SOFT WARE
HARDWARE

  Hardware adalah komponen pada komputer yang dapat terlihat dan disentuh secara fisik. Jadi, rupa secara fisik dari komputer dapat kita sebut sebagai Hardware atau Perangkat Keras.
Hardware terbagi atas 3 yaitu :
Perangkat Input/Masukan: Merupakan Hardware yang digunakan untuk memasukkan (Input) instruksi dari pengguna komputer (User). contohnya :
 Keyboard


   Fungsi Keyboard adalah sebagai suatu alat input yang memiliki berbagai macam tombol yang mana setiap tombol memiliki fungsi yang berbeda-beda.



Mouse

  Mouse merupakan sebagai perangkat input, yang artinya perangkat yang berfungsi jika ada perintah dari pemakai. Perangkat input yang wajib dan tidak kalah penting dalam sebuah komputer adalah keyboard (papn tombol).
Perangkat Pemrosesan: Merupakan Hardware yang terdapat pada sebuah komputer untuk memproses masukkan/input dari pengguna. Contohnya :
CPU


CPU yaitu perangkat keras komputer yang memahami dan melaksanakan perintah dan data dari perangkat lunak.

Perangkat Output/Keluaran: Merupakan Hardware yang digunakan untuk menghasilkan suatu proses (output) dari pengguna komputer (User).contohnya :

Printer


Printer komputer berfungsi untuk mencetak dokumen dari komputer.


SOFTWARE
Pengertian Software atau Perangkat Lunak adalah data-data yang terdapat pada sebuah komputer yang doformat kemudian disimpan secara digital. Bisa dibilang bahwa Software merupakan komponen yang tidak terlihat secara fisik, tetapi terdapat dalam sebuah komputer. Contoh dari Software adalah sebagai berikut:


gambar: LibreOffice

Sistem Operasi: Merupakan Software yang digunakan untuk menghubungkan antara Hardware dengan Pengguna/User.
Software Aplikasi: Merupakan Software yang dapat diaplikasikan untuk memenuhi kebutuhan pengguna. Contohnya adalah Software paket aplikasi perkantoran seperti Libre Office dan Microsoft Office.

Komentar